Bau tanah pada Ikan, jangan panik

 

Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau tanah pada ikan gurame? Ada tips yang diberikan Zidan, runner up Junior MasterChef Indonesia musim pertama, saat ditemui Okezone belum lama ini.
"Caranya pakai air lemon sama garam saja. Biar gurih juga dan bau tanah plus amisnya hilang. Dibubuhkan dan didiamkan paling tidak 10 menit," pungkasnya. Setelah itu, ikan gurame bisa diolah sesuai dengan selera. 
Mengapa terjadi bau lumpur pada ikan tersebut?

Pencegahan bau lumpur di kolam ini perlu dilakukan melalui cara yang tepat yaitu dengan mengendalikan kelimpahan plankton. Plankton penyebab bau lumpur di kolam ini pada umumnya adalah fitoplankton alga hijau-biru jenis Coelasphaerium dan Oscilatoria.

Pencegahan ini bertujuan agar gurame tidak berbau lumpur dan sekaligus mengendalikan plankton penyebab bau lumpur. Pencegahan dapat dilakukan secara kimia yaitu dengan menggunakan tembaga oksida dan pupuk urea dan secara biologis yaitu dengan menggunakan tanaman air.

Dengan demikian, sesungguhnya kita mestinya mencegah dulu. Karena aroma tanah pada ikan ini akan mengurangi nilai jualnya. 

Maka bila masih memungkinkan tanam lah jeruk lemon di sekitar kolam karena bila masih juga aroma tanah alias lumpur ada silakan hilangkan pada saat memasak.

Kalimbung, sudah makin langka. Rasanya manis seperti bancir, lembut seperti timun
Bau tanah pada Ikan, jangan panik 4.5 5 Ahmad Faisal Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau tanah pada ikan gurame? Ada tips yang diberikan Zidan,  runner up  Junior MasterChef Indonesia ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.